Peluang Mahasiswa Administrasi Negara Mengembangkan Wirausaha di Praktik Nyata

  • 13 Desember 2023
  • 203

Program Studi (Prodi) Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Untag Surabaya menyelenggarakan UNIVERSE ‘Bazar Lab Kewirausahaan’, di Gedung Graha Wiyata Lt.1 Untag Surabaya, pada Selasa (12/12).

 

Kegiatan ini bertujuan memenuhi tugas mata kuliah sembari memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berlatih berwirausaha melalui presentasi ide produk usaha yang beragam.

 

Bazar yang berlangsung selama satu hari tersebut dibagi menjadi tiga sesi. Setiap sesi menampilkan 22 hingga 23 stan, dengan sesi pertama berlangsung dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB, sesi kedua dari pukul 13.00 hingga 17.00 WIB, dan sesi ketiga dari pukul 18.30 hingga 19.30 WIB.

 

Dr. Ayun Maduwinarti, M.P., Dekan FISIP Untag Surabaya, menyatakan bahwa acara UNIVERSE memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk terlibat dalam dunia wirausaha sejak dini.

 

“Universe Bazar Lab Kewirausahaan adalah inisiatif yang sangat positif. Selain memenuhi mata kuliah, kegiatan ini memberikan mahasiswa kesempatan untuk terlibat dalam dunia wirausaha sejak dini. Kami berharap ini dapat menjadi langkah awal bagi mereka untuk mengembangkan usaha potensial dan berkontribusi pada perekonomian,” paparnya.

 

Anggraeny Puspaningtyas, S.AP., M.AP., Ketua Prodi Administrasi Negara, dalam sambutannya menekankan pentingnya pengembangan keterampilan berwirausaha di era globalisasi.

 

“Dengan adanya Universe Bazar Lab Kewirausahaan, kita tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis kepada mahasiswa, tetapi juga memberikan pengalaman nyata dalam menghadapi tantangan dan peluang di dunia bisnis,” tukas Anggra.

 

Buffon Yoppy Trie Ambodo, Ketua Panitia, menegaskan bahwa tujuan dari Universe Bazar Lab Kewirausahaan ini tidak hanya terfokus pada pemenuhan mata kuliah, tetapi juga memberikan peluang kepada Mahasiswa Administrasi Negara untuk berlatih dan mengembangkan keterampilan berwirausaha.

 

“Tujuan kegiatan ini bukan hanya sekadar memenuhi persyaratan matakuliah, melainkan juga memberikan peluang bagi mahasiswa untuk berlatih dan mengembangkan keterampilan berwirausaha. Dengan demikian, kami selaku panitia berharap mahasiswa dapat meraih kesuksesan dan menciptakan lapangan kerja baru,” Mahasiswa semester 3 tersebut.

 

Peserta dari berbagai tingkatan semester terlibat aktif dalam penyelenggaraan bazar ini. Setiap stand menampilkan beragam produk, mulai dari produk makanan hingga kerajinan tangan.

 

Dina Catur Ayu Ningtyas, mahasiswa semester 5 dan peserta Bazar Kewirausahaan, menyatakan antusiasmenya terhadap kegiatan ini.

 

“Saya merasa bahwa Universe Bazar Lab Kewirausahaan memberikan pengalaman berharga. Saya bisa merasakan langsung bagaimana berinteraksi dengan pelanggan, mengelola stok produk, dan memahami segmentasi pasar,” ujarnya.

 

Acara Universe Bazar Lab Kewirausahaan Administrasi Negara menjadi bukti nyata bahwa pendidikan tinggi tidak hanya terjadi di dalam kelas, melainkan juga melibatkan pengalaman nyata dan penerapan konsep-konsep yang dipelajari dalam praktik langsung. Mahasiswa diharapkan dapat memahami aspek praktis dari berwirausaha, termasuk pemasaran, manajemen keuangan, dan interaksi dengan pelanggan. (Nabila)


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id