Proyek Kolaboratif dalam Meningkatkan Wirausaha Muda

  • 01 Desember 2021
  • YRS
  • 171

Salah satu proyek unik dan kolaboratif yang didesain untuk menginspirasi dan melahirkan generasi wirausaha muda baru digelar Kemendikbud Ristek, WhatsApp, dan Prestasi Junior Indonesia. Rangkaian itu disebut program WhatsApp Entrepreneurship Education (24/11/21).

 

Program ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan WhatsApp untuk mendukung pemerintah meningkatkan jumlah wirausaha muda di Indonesia. Hal ini dinilai sangat penting untuk mendorong pertumbuhan Indonesia menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

 

Sebanyak 23 Master Teacher di delapan kota mengikuti rangkaian program pelatihan, setelah itu lanjut melatih 240 guru dalam menyampaikan kemampuan dasar wirausaha dan WhatsApp Business melalui grup. Para guru tersebut telah mendidik lebih dari 15.700 siswa dari 144 sekolah.

 

Penyampaian modul melalui platform digital juga membantu para guru untuk meningkatkan kompetensi digital mereka. Modul-modul berbasis video di program ini dilengkapi dengan lembar kerja untuk siswa dan disampaikan melalui metode pembelajaran campuran.

 

Direktur SMK Kemendikbud Ristek, Wardani Sugiyanto mengatakan pada kondisi bonus demografi penting bagi Indonesia untuk membekali generasi muda dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk meningkatkan potensi dan mempersiapkan mereka ke masa depan yang berbasis digital.

 

‘’Kami yakin kemampuan wirausaha adalah keterampilan yang amat penting, tidak hanya untuk membekali generasi muda untuk menghadapi dan mengambil peluang dengan mengisi jenis-jenis pekerjaan baru di masa depan, namun juga menciptakan dan menghadirkan banyak lapangan kerja bagi generasinya kelak,’’ ujar Wardani (24/11/21).

 

Tidak hanya itu, Wardani juga turut memberi apresiasi WhatsApp dan Prestasi Junior Indonesia yang telah menginisiasi rangkaian program WhatsApp Entrepreneurship Education untuk para siswa dan guru-guru di Indonesia.

 

‘’Dengan model pembelajaran blended yang unik, kami percaya program ini akan mencapai lebih banyak lagi anak muda untuk membantu meraih aspirasi masa depan mereka,’’ imbuh Wardani menjelaskan.

 

Di sisi lain, Anggota Dewan Nasional Prestasi Junior Indonesia, Arif P. Rachmat menambahkan bahwa, saat ini para wirausaha tidak hanya ditantang untuk menciptakan usahanya, tetapi juga memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan keuntungan berwirausaha.

 

‘’Oleh karena itu, kami sangat senang mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan WhatsApp, membuat program yang memberdayakan generasi muda dan membantu mereka menjawab tantangan tersebut dengan kewirausahaan dan kecakapan digital di WhatsApp Business,’’ kata Arif.


Sumber : kompas.com

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Y. RAKA S.

Jurnalis

BERITA TERKAIT

Isi Kokpit Mobil F1
  • 20 Maret 2013
  • 5548
8 Fitur Mengaggumkan Windows 8
  • 20 Maret 2013
  • 5299
Komputer Terkecil Di Dunia
  • 20 Maret 2013
  • 5358