SMPTAG Surabaya Gelar Perkemahan Kreatif Untuk Tingkatkan Kemandirian Siswa

  • 28 November 2023
  • 689

Sekolah Menengah Pertama 17 Agustus 1945 (SMPTAG) Surabaya mengambil langkah taktis dalam meningkatkan kemandirian siswa, membangun teamwork dan mengasah keterampilan dengan menyelenggarakan Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) di lapangan sekolah SMPTAG Surabaya, (24-25/11/23).

 

Kegiatan Perjusa diikuti oleh sepuluh kelas, melibatkan siswa-siswi kelas VIII dan IX SMPTAG Surabaya. Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat dalam aktivitas di luar kelas, yang terbukti dapat memperkaya pengalaman belajar.

 

Dra. Wiwik Wahyuningsih, M.M., Kepala Sekolah SMPTAG Surabaya, menjelaskan bahwa tujuan dari Perkemahan Jumat Sabtu adalah membantu siswa mengembangkan keterampilan hidup, yang tidak hanya diperoleh dari buku teks, melainkan juga melalui pengalaman langsung.

 

“Kami percaya bahwa kemandirian, teamwork, dan kepemimpinan adalah keterampilan yang sangat penting dalam membentuk karakter siswa. Oleh karena itu, kami mengadakan Perkemahan Jumat Sabtu sebagai upaya memberikan pengalaman belajar yang holistik,” jelas Wiwik (24/11).

 

Perkemahan dimulai pada Jumat pagi dengan serangkaian kegiatan pembukaan yang dirancang untuk membangun semangat tim dan kebersamaan antar siswa. Dengan kehadiran guru dan pembina yang berpengalaman, siswa mendapatkan arahan mengenai kegiatan yang akan dilakukan selama dua hari penuh.

 

Setiap anggota regu mengikuti kegiatan beragam, seperti pemaparan materi kepramukaan, kepramukaan indra penglihat, cerdas cermat, memasak, content creator, pentas seni dan kegiatan api unggun di malam hari untuk memupuk rasa kebersamaan.

 

“Perkemahan dirancang dengan kegiatan yang menuntut pemecahan masalah, komunikasi efektif, dan pengambilan keputusan bersama. Ini adalah kesempatan bagi siswa untuk menghadapi tantangan dan tumbuh melalui pengalaman tersebut,” ungkap Zulifah, Guru Pendamping Perjusa SMPTAG Surabaya.

 

Puncak acara Perjusa adalah malam keakraban dengan kegiatan api unggun dan pentas seni. Siswa juga diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman selama perkemahan dan menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan yang telah diikuti.

 

Senja, peserta Perjusa mengungkapkan bahwa kegiatan Perjusa merupakan pengalaman baru bagi dirinya.

 

“Saya belajar banyak hal baru selama perkemahan ini. Salah satunya tentang bagaimana bekerja sama dengan teman-teman untuk mencapai tujuan bersama. Ini adalah pengalaman yang tak terlupakan bagi saya,” ungkap Senja.

 

Keberhasilan kegiatan Perjusa SMPTAG Surabaya diharapkan dapat memberikan bekal keterampilan kepada siswa sehingga mereka lebih siap menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. (Nabila)


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id